Sabtu, 21 Januari 2012

KUNCI SUKSES (#TEACHABLE)

Siapakah yang tidak ingin sukses? Tentu tidak ada yang mau tidak sukses. Karena pada dasarnya, manusia diciptakan untuk menjadi SUKSES. Hanya saja problem utama yang menjadikan manusia menjadi tidak sukses, adalah hanya karena pribadi dan sikap manusia itu sendiri. Nah, kali ini oombym mencoba membahas salah satu kunci sukses, yaitu Teachable, yang merupakan sebuah fondasi dalam pembentukan sikap menuju kesuksesan hidup.

Teachable adalah sebuah sikap yang harus terbentuk dalam pribadi seseorang. Jika tidak, maka orang tersebut akan membentuk keegoan dirinya dan merasa dirinya bahwa dirinya adalah yang terhebat dibandingkan dengan orang lain.

Ada 3 ciri seseorang yang memiliki sikap Teachable, yaitu :
1. Mau Belajar hal positif
2. Siap melakukan hal positif tersebut, dan
3. Bersedia untuk mengajarkan hal positif tersebut ke orang lain.

Banyak orang yang mau belajar, tapi tidak semua orang mau diajar. Ini bisa saja terjadi, bila keegoan diri lebih dominan daripada perasaan untuk mau menerima apa yang diutarakan orang lain, baik dari pemikiran, ucapan, ataupun tingkah laku. Rasa lebih tahu dan lebih paham daripada orang lain merupakan penghalang seseorang untuk menambah ilmu. Karena sesungguhnya manusia itu diciptakan saling berpasangan dan saling melengkapi. Artinya, seseorang yang memiliki kelebihan tentu saja memiliki kekurangan, yang tentu saja dimiliki orang lain. Untuk itu, perlu sikap rendah hati untuk mau mendengarkan pendapat orang lain. Dari banyak pendapat orang lain, kita dapat menginstropeksi pendapat kita, sehingga kita mampu menerapkan pendapat yang lebih sempurna.

Setelah kita tahu dan meramu semua pendapat yang ada dalam pemahaman kita dan mengumpulkan semua pendapat orang lain, maka langkah selanjutnya adalah harus mau melakukan apa yang sudah bisa kita pahami itu. Karena percuma sebuah pemahaman tanpa adanya realisasi untuk mau melakukannya. Namun, kadang-kadang realitas yang ada ternyata mewujudkan sebuah bentuk yang tidak sesuai dengan pemahaman yang ada. Bisa juga tidak tepat dengan situasi yang ada. Untuk itulah, semua yang kita lakukan wajib menjadi sebuah telaah dan pembelajaran. Bila ternyata tidak cocok dan situasi dan kondisi yang ada (gagal), maka kita dituntut untuk melakukan observasi dan mencari jalan keluarnya. Maka, perlu untuk mencari tahu informasi lainnya, baik dari orang lain, referensi tertentu, atau kreatifitas diri kita sendiri. Intinya adalah bagaimana caranya kita mencari jalan keluar dari permasalahan yang kita hadapi. Karena sesungguhnya, permasalahan itu bukanlah menjadi penghalang, tapi untuk dicari solusinya.

Apabila dari belajar dan melakukan sesuatu kita pahami, dan ada nilai manfaat dan positif yang kita alami, maka perlu sekali untuk berbagi dengan orang lain. Akibatnya, akan terjadi regenerasi pemahaman dan laku positif. Apabila itu menjadi nilai positif bagi orang lain, maka kita telah melangkah pada kesuksesan. Karena manusia yang baik adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Sesungguhnya, nilai sukses itu tidak hanya dirasakan oleh diri sendiri, tapi juga harus bisa dirasakan oleh orang lain.

Dunia ini memang butuh manusia-manusia Teachable, yang mau belajar dan diajar, mau menerapkan apa yang sudah dipelajari, dan menyediakan waktu untuk mengajari orang yang siap diajari juga. Kumpulan orang Teachable akan menjadi sebuah komunitas positif yang akan menjadi sang pembangun kehidupan baik bagi dirinya, keluarganya, maupun masyarakat di sekeliling kita.

Tidak terlepas dari materi Kunci Kesuksesan, yang dibutuhkan di Kabupaten Ende ini adalah terbangunnya komunitas-komunitas positif yang menjadi promotor pembangun generasi berjiwa muda untuk membentuk kepribadian sikap menuju kesuksesan hidup.

Sehubungan dengan itu, maka oombym sendiri merasakan banyak nilai manfaat yang dirasakan selama bergabung dengan komunitas positif yang ada di Kabupaten Ende, diantaranya adalah Flobamora Community, K-Link Indonesia, K-System Ende, Kelompok Pencinta Alam. Tentu masih banyak komunitas positif yang ada di Kabupaten Ende, hanya saja perlu eksis dan menampilkan wajahnya secara umum dan menjadi bagian pembangun generasi berjiwa muda.

Mari membangun sikap Teachable ! Go To Freedom...

Tidak ada komentar: