Senin, 23 Januari 2012

KUNCI SUKSES (#3POSITIVE THINKING)

Kehidupan ini akan berarti jika kita menggunakan pola pikir kita untuk melakukan aktifitas keseharian. Untuk itu oombym kali ini mencoba postingan tentang Kunci Sukses lanjutan yang sudah 3 hari ini oombym masukin dengan segala kekurangan dan keterbatasan (ma'af ya...). Judul postingan kali ini adalah salah satu bagian yang memungkinkan kita untuk menjalani hidup sukses, yaitu tentang Positive Thinking.

Positive Thinking kalau diartikan secara lurus berarti Berpikir Positif tentang segala sesuatu yang kita dengar, kita lihat, maupun yang kita rasakan. Artinya, segala sesuatu yang kita dengar, lihat, dan kita rasakan harus kita cerna secara positif, walaupun sebenarnya tidak sesuai dengan pemikiran dan harapan kita. Secara fitrah, manusia memang cenderung untuk membenarkan diri sendiri. Ini karena manusia diciptakan dengan sifat ego. Berpikir positif membuat kita untuk instropeksi diri dan mencari kebenaran sesungguhnya.

Kebenaran sebenarnya ada 3 macam, yaitu :
1. Kebenaran Pribadi
2. Kebenaran Orang Lain, dan
3. Kebenaran Tuhan

Untuk mencapai kebenaran sejati, maka kita harus menggunakan 3 kebenaran tersebut secara bersama. Jiika kita hanya menggunakan kebenaran pribadi, maka kita menganggap bahwa hanya kita yang mampu, sedangkan orang lain tidak mampu. Tapi bila kita menggunakan kebenaran orang lain, maka kita menganggap diri kita lemah dan menjadikan diri kita rendah diri (minder). Dan jika kita hanya menggunakan kebenaran Tuhan, maka kita tidak akan bisa mencerna apa sesungguhnya yang diinginkan Tuhan sesungguhnya terhadap apa yang kita pahami. Untuk itu, dengan mengkolaborasi ketiga kebenaran dan menyatukannya, maka kita akan mencapai kebenaran sejati.

Tidak masalah ketika kita membenarkan apa yang kita pikirkan, kita ucapkan, dan kita lakukan adalah kebenaran kita. Tapi akan menjadi masalah, jika tidak bisa disatukan dengan kebenaran dengan orang lain, apalagi jika tidak connect dengan kebenaran Tuhan. Nah, kunci untuk bisa menyatukan ketiga kebenaran itu terletak pada positive thinking (berpikir positif). Artinya kita harus menghargai kebenaran orang lain, tanpa harus terlebih dahulu menyalahkannya. Dengarkan dulu, coba pahami, coba dicari pembenarannya, lalu kita kolaborasi dengan kebenaran Tuhan, dan tentunya dengan kebenaran pribadi.

Berpikir positif memberi arti bahwa kita orang yang demokrasi dan mau mendengar orang lain. Tentu saja, ketika kita membuka diri untuk mau menerima masukan, maka diri kita akan bertambah ilmu dan pemahaman. Itulah yang membuat pola pikir kita menjadi lebih baik dari sebelumnya, dan memberi dampak yang jauh lebih baik dalam kehidupan kita.

Untuk dapat berpikir positif, maka kita harus sering-sering berkumpul dengan orang-orang yang juga berpikir positif dan terbuka serta mau berbagi tentang segala sesuatu yang bersifat positif. Jika kita berkumpul dengan orang-orang yang sering berpikir negatif, maka lama kelamaan kita juga akan ikut-ikutan berpikir negatif. Akibatnya, segala hal negatif akan menjangkiti kita dan menjadikan diri kita tertanam berbagai benih penyakit hati dan jiwa akan terganggu karenanya. Biasa dikatakan orang jiwa kita tidak sehat. Untuk menyehatkan jiwa, maka kita harus selalu berpikir positif dan berkumpul dengan komunitas positif.

Untuk jasmani, maka makanan berbentuk berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh jasmani, seperti makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan mineral. Minumannya harus mengandung glukosa, kalsium, vitamin, dan sebagainya. Sedangkan untuk jiwa, kita harus masukkan pikiran negatif tentang segala sesuatu yang kita temui. Apa saja.

Berpikir positif dan sering berkumpul dengan komunitas positif akan membuat karakter diri menjadi positif dan optimis. Dengan membina karakter positif, maka tingkah laku kita menjadi lebih positif, dan akhirnya kita akan bisa menentukan nasib kita dan bentuk kesuksesan yang kita inginkan. Makna sukses memang tidak sama untuk setiap orang, karena setiap orang memiliki persepsi sukses yang berbeda-beda. Intinya bahwa kesuksesan yang dirasakan itu tidak hanya dapat dirasakan dirinya sendiri, tapi bagaimana caranya sukses yang dirasakan itu bisa juga dirasakan oleh orang lain, walau tidak bersama lagi.

Sudahkan Anda berpikir positif hari ini ?

Mari berkumpul dengan komunitas positif, dan berbicara dan merenungkan hal-hal positif serta bertingkah laku positif dan dapat memberi dampak positif. Suatu ketika nanti, sifat positif itu akan membawa diri Anda menuju pada Kesuksesan Hidup.

Go To Freedom !!!

Tidak ada komentar: